Pages

Senin, 03 Oktober 2011

ANALISIS JURNAL

ANALISIS JURNAL I
1) Judul, Nama Pengarang, Tahun
Analisis Pengaruh Harga, Motivasi Konsumen, dan Tempat terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada pengunjung pujasera “Jaya Makmur” di Semarang); Novian Rezka M.; 2011
2) Tema
3) Latar Belakang Masalah
 Fenomena
Sejak dahulu makanan menempati urutan teratas dalam pemenuhan kebutuhan manusia, sehingga masalah pangan dikategorikan ke dalam kebutuhan primer atau kebutuhan pokok. Dengan alasan itu, manusia tidak dapat melepaskan kebutuhannya untuk makan, karena hanya dengan makan manusia dapat melangsungkan hidup. Dalam menikmati hidangan atau makanan, setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk memenuhinya. Cara tersebut dapat dengan memilih rumah makan yang indah dengan pelayanan yang mewah. Sebagian konsumen ada yang beranggapan daripada makan makanan yang mewah dan mahal tetapi tidak lezat rasanya, lebih baik memilih rumah makan yang biasa tetapi cukup lezat sesuai dengan selera mereka.
 Penelitian Sebelumnya
Sri Lestari Kurniawati, Laila Saleh, dan Umi Sundari (2000) melakukan penelitian tentang “Analisis terhadap beberapa variabel yang mempengaruhi frekuensi kunjungan konsumen bisnis waralaba siap saji McDonals di outlet Plaza Surabaya”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 5 variabel bebas yaitu produk, harga, promosi, tempat, dan gengsi secara bersama-sama tidak mempunyai pengaruh positif terhadap frekuensi kunjungan, dimana sig f adalah 0,0720 ( > sig 50% ).
 Motivasi Penelitian
Jumlah pembeli di pujasera “Jaya Makmur” mengalami fluktuasi (naik turun).
4) Masalah
Pengaruh harga, motivasi konsumen, dan tempat terhadap keputusan pembelian di pujasera “Jaya Makmur” di Semarang.
5) Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui pengaruh harga, motivasi konsumen, dan tempat terhadap keputuan pembelian di pujasera “Jaya Makmur” di Semarang.
6) Metodologi Penelitian
 Data
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat dari hasil wawancara dengan pemilik warung makan dan juga hasil pengisian kuesioner oleh konsumen pujasera tersebut.
 Variabel
Identitas responden, pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, pengaruh motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian, pengaruh lokasi warung makan terhadap keputusan pembelian, dan keputusan pembelian.
 Tahapan Penelitian
Survey kuesioner, wawancara, dan observasi.
 Model Penelitian


7) Hipotesis
8) Hasil dan Analisis
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga, motivasi konsumen, dan lokasi/ tempat secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
9) Rekomendasi dan Implikasi


ANALISIS JURNAL II
1. Judul, Nama Pengarang, Tahun
Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Waroeng Taman Singosari di Semarang; Ridwan Zia Kusumah, 2011.
2. Tema
3. Latar Belakang Masalah
 Fenomena
Semakin menjamurnya bisnis food service berimbas pada Kota Semarang. Hal ini menandakan semakin bergairahnya minat pelaku usaha di Semarang untuk berinvestasi di kategori ini. Berdasarkan data dari www.semarang.go.id usaha food service bersama-sama sektor usaha perdagangan dan hotel menyumbang kontribusi PDRB terbesar pada tahun 2009, yaitu sebesar 29,86%. Tak hanya itu, perkembangan jumlah usaha bisnis food service tersebut semakin meningkat tiap tahunnya.
 Penelitian Sebelumnya
Bekti Setiawati (2006) melakukan penelitian tentang “Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Rambak Dwijoyo di desa Penanggulan kec. Pagandon kab. Kendal” . Dan hasilnya kualitas produk dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
 Motivasi Penelitian
Masih kurang optimal sistem baru yang telah dijalankan oleh pihak Manajemen Watasi saat ini.
4. Masalah
Penurunan tingkat penjualan dari bulan Januari 2010 – Januari 2011 karena adanya fluktuasi jumlah customer yang cenderung ke arah penurunan selama periode bulan Januari 2010 – Januari 2011.
5. Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Restoran Waroeng Taman Singosari Semarang.
6. Metodologi Penelitian
 Data
Data primer (hasil tabulasi dari jawaban responden), data sekunder (data yang diperoleh secara tidak langsung).
 Variabel
Variabel dependen (keputusan pembelian), variabel independen (kualitas produk dan kualitas pelayanan).
 Tahapan Penelitian
Kuesioner, observasi, studi pustaka.
 Model Penelitian


7. Hipotesis
8. Hasil dan Analisis
9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
10. Rekomendasi dan Implikasi


ANALISIS JURNAL III
1. Judul, Nama Pengarang, Tahun
Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga, dan Tempat terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Rumah Makan “Soto Angkring Mas Boed” di Semarang); Ika Putri Iswayanti; 2010.
2. Tema
3. Latar Belakang Masalah
 Fenomena
Selain pelayanan, harga juga merupakan variabel penting dalam pemasaran. Dan faktor lokasi atau tempat juga merupakan faktor yang menentukan keberhasilan suatu bisnis.
 Penelitian Sebelumnya
Setiadi Doni (2008) melakukan pen
elitian tentang “Analisis pengaruh kualitas jasa, harga, tempat yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian R.M. Noroyono di Purwodadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas jasa memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan koefisien sebesar 0,371. Diantara ketiga variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian, variabel kualitas jasa memiliki pengaruh yang cukup moderat terhadap keputusan pembelian.
 Motivasi Penelitian
Terjadi fluktuasi di setiap bulan.
4. Masalah
Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, harga, dan tempat terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Soto Angkring Mas Boed di Semarang.
5. Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, harga, dan tempat terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Soto Angkring Mas Boed di Semarang.
6. Metodologi Penelitian
 Data
Data primer dan data sekunder.
 Variabel
Dependen (keputusan pembelian), Independen (kualitas produk, kualitas layanan, harga, dan tempat).
 Tahapan Penelitian
 Model Penelitian


7. Hipotesis
8. Hasil dan Analisis
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas layanan, harga, dan tempat mempunyai hubungan yang positif dengan keputusan pembelian konsumen Rumah Makan “Soto Angkring Mas Boed”.
9. Rekomendasi dan Implikasi
Untuk penelitian yang akan datang disarankan untuk menambah variabel independen lainnya, yang tentunya dapat mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian agar lebih melengkapi penelitian ini, karena masih ada variabel-variabel independen lain di luar penelitian ini yang mungkin bisa mempengaruhi keputusan pembelian.

Nama : Nuraeni
Kelas : 3EA11
Mata Kuliah : Metode Riset

Tugas ini ditujukan kepada Bpk. Prihantoro.

0 komentar:

Posting Komentar