Pages

Minggu, 09 Oktober 2011

PENDAHULUAN

1.Latar Belakang Masalah

> Fenomena
Pada beberapa tahun terakhir memang tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan pasar modern sudah menjadi tuntutan dan gaya hidup modern yang berkembang dimasyarakat kita. Hal ini terjadi karena pasar modern mulai bersaing dengan harga produk yang lebih murah dari pada dipasar tradisional. Secara persentase dari tahun 2007 hingga 2008, pertumbuhan pasar modern lebih tinggi dibandingkan dengan persentase pasar tradisional, yaitu pasar modern tumbuh 14 persen, sedangkan pasar tradisional hanya 3 persen. Namun, dalam hitungan jumlah, pasar tradisional jumlahnya masih lebih banyak, yaitu 58.855 unit, sementara pasar modern hanya 1.061 unit.

> Riset terdahulu
Hendrikus Arinanda, 2009, Analisis variabel pembentuk kepuasan konsumen pada ritel minimarket Alfamart dan Indomaret di wilayah Pesanggrahan Jakarta Selatan. Padyan Khatimi, 2011, Pendekatan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mengetahui perilaku konsumen dalam memilih tempat belanja ditinjau dari faktor kualitas barang, kelengkapan barang, jarak dan waktu buka (studi kasus pada masyarakat di kota Depok).

> Motivasi penelitian
Berdasarkan feomena dan riset terdahulu (Hendrikus Arinanda, 2009) dan (Padyan Khatimi, 2011) maka penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pemilihan tempat belanja di kota Bekasi merupakan motivasi penelitian.

2.Perumusan Masalah
Berdasarkan motivasi penelitian, maka perumusan masalahnya (Analisis faktor –faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pemilihan tempat belanja di kota Bekasi).

> Masalah
Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pemilihan tempat belanja di kota Bekasi ?

> Tujuan
Untuk melakukan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pemilihan tempat belanja di kota Bekasi.

3.Daftar Pustaka
http://library.gunadarma.ac.id/

Tugas ini ditujukan kepada Bpk. Prihantoro

0 komentar:

Posting Komentar