ANALISIS JURNAL I
1) Judul, Nama Pengarang, Tahun
Analisis Pengaruh Harga, Produk, Kebersihan, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Restoran MamamiaCabang Mrican Semarang ; Ryan Nur Harjanto ; 2010.
2) Tema
Kepuasan Pelanggan di berbagai Tempat Makan.
3) Latar Belakang Masalah
Fenomena
Semakin maraknya bisnis restoran ditunjukkan dengan perkembangan jumlah restoran dari tahun ke tahun. Berdasarkan data dari Departemen Pariwisata dan Perhubungan Semarang, menunjukkan jumlah restoran pada tahun 2006-2009 sebanyak 17.905, 18.889, 21.278, dan 23.667. (Sumber : Departemen Pariwisata dan Perhubungan Semarang, 2010) Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang merupakan salah satu restoran yang menghadapi ketatnya persaingan bisnis restoran pada saat ini. Munculnya pesaing-pesaing sangat menyulitkan posisi restoran tersebut.
Penelitian Sebelumnya
Rayi Endah K. (2008) melakukan penelitian mengenai pengaruh kualitas layanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan Restoran Warung Taman Singosari Semarang. Kepuasan pelanggan diposisikan sebagai variable dependen, sedangkan kualitas layanan, kualitas produk dan harga sebagai variable independen yang diduga mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Motivasi Penelitian
Perbaikan kualitas restoran guna memenuhi kepuasan pelanggan.
4) Masalah
Jumlah pengunjung yang mengalami penurunan selama tahun 2006-2009 (Sumber : data primer diolah, 2010). Seberapa besar pengaruh faktor harga, faktor produk, faktor kebersihan, dan faktor kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di Restoran Mamania Cabang Mrican Semarang.
5) Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui pengaruh faktor harga, faktor produk, faktor kebersihan, dan faktor pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang.
ANALISIS JURNAL II
1. Judul, Nama Pengarang, Tahun
Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Rumah Makan Pondok Laras di Kelapa Dua, Depok) ; Bernadine ; 2005)
2. Tema
Kepuasan Pelanggan di Berbagai Tempat Makan
3. Latar Belakang Masalah
Fenomena
Kondisi perekonomian nasional yang sedang mengalami recovery pada dewasa ini antara lain ditandai oleh berkembangnya usaha-usaha baru di berbagai bidang. Hal ini memicu semakin tajamnya persaingan antar industri maupun antar perusahaan dalam suatu industri, baik industri penghasil barang maupun jasa. Pada situasi persaingan ini, setiap perusahaan dituntut untuk mampu mengoptimalkan pengelolaan sumber daya ekonominya guna meningkatkan daya saing produknya di pasar.
Penelitian Sebelumnya
Simamora (2004), skala likert disebut juga summated rating scale yang banyak digunakan karena memberi peluang kepada responden untuk mengekpresikan perasaan mereka dalam bentuk persetujuan terhadap suatu pernyataan secara berjenjang.
Motivasi Penelitian
Lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan, dengan harapan agar pelanggan memperoleh kepuasan.
4. Masalah
Bagaimana penerapan lima dimensi kualitas layanan pada pengelolaan layanan di Rumah Makan Pondok Laras dalam upaya memuaskan pelanggannya ? Bagaimana ketepatan prioritas layanan dalam memuaskan kebutuhan pelanggan dan seberapa signifikan pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan ?
5. Tujuan Penelitian
Terketahuinya tingkat kesesuaian antara kepentingan pelanggan dan kinerja layanan rumah makan ini dalam upaya memuaskan pelanggannya serta terukurnya tingkat signifikansi pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan.
ANALISIS JURNAL III
1. Judul, Nama Pengarang, Tahun
Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kualitas Pelanggan di Pizza Hut Gatot Subroto Denpasara ; Wayan Arya Paramarta ;
2. Tema
Kepuasan Pelanggan di Bernagai Tempat Makan
3. Latar Belakang Masalah
Fenomena
Dapat dijelaskan bahwa instrumen untuk mengukur persepsi pelanggan tentang kualitas dari suatu pelayanan mempergunakan lima dimensi dalam mengukur kualitas pelayanan, antara lain : tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy.
Penelitian Sebelumnya
Kusmayati (2005) menyatakan bahwa dimensi empathy dan tangibles mempengaruhi kepuasan pasien di Instalasi Rawat Darurat Rumah Sakit Sanglah, sedangkan dimensi reliability responsivenessdan assurance tidak signifikan mempengaruhi kepuasan pasien di Instalasi Rawat Darurat Rumah Sakit Sanglah.
Motivasi Penelitian
Meningkatkan pelayanan yang berkualitas agar dapat memberikan kepuasan kepada para pelanggannya.
4. Masalah
Bagaimanakah pengaruh Tangibles, Reliability, Responsiveness, Asurance, dan Empathy terhadap kepuasan pelanggan Pizza Hut di Jalan Gatot Subroto Denpasar ?
5. Tujuan Penelitian
Menjelaskan pengaruh Tangibles, Reliability, Responsiveness, Asurance, dan Empathy terhadap kepuasan pelanggan Pizza Hut di Jalan Gatot Subroto Denpasar ?
Nama : Nuraeni
Kelas : 3EA11
NPM : 16209182
Tugas : Metode Riset
Sabtu, 24 September 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar